Selamat Datang Di Website PKH Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso Jawa Timur

Giat PKH

Giat PKH
Bersama Petugas Kecamatan

Sunday 16 October 2016

Validasi Calon PBM PKH 2016


Tim Validator Kec. Klabang Kab. Bondowoso
Bondowoso. Tahun 2016 merupakan tahun ke-9 berjalannya Program Keluarga Harapan di Indonesia, salah satu kabupaten pelaksana dalam kegiatan ini adalah kabupaten Bondowoso di Jawa Timur. Tahun 2016 juga merupakan kali ke-6 di kabupaten Bondowoso mendapat tambahan kuota untuk kepesertaan PKH. Kegiatan ini sangat memberikan manfaat kepada daerah dikarenakan kegiatan ini membantu daerah untuk mengurangi angka kemiskinan yang jumlahnya sangat besar. 

Proses penambahan kuota bagi daerah penerima bantuan manfaat (PBM) harus melalui beberapa proses/tahapan yang banyak masyarakat kurang memahami alur proses menjadi Peserta PKH.

Adapun Alur tersebut antara lain : 
1. Kemensos menerima data kemiskinan secara global dari BPS,
2. Kemensos mengolah data untuk selanjutnya memberi kode (proses cooding)
3. Data yang sudah memiliki kode untuk selanjutnya dilakukan validasi
4. Validasi dilakukan oleh pendamping (yang sebelumnya telah menerima undangan) sesuai dengan data yang ada di masyarakat (calon peserta) baik KK, KTP, Raport, KIA (Posyandu) dan beberapa persyaratan pendukung lainnya,
5. Bersamaan dengan hal itu dilakukan verifikasi/kecocokan data seusai kegiatan pertemuan awal dengan seluruh calon penerima, 
6. Hasil validasi dan verifikasi dikirim kembali ke Kemensos untuk dilaporkan dan diolah dengan mengikuti aturan dan persyaratan yang berlaku.

Beberapa kegiatan validasi yang dilakukan oleh pendamping diantanya:





0 comments :

Post a Comment