Selamat Datang Di Website PKH Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso Jawa Timur

Giat PKH

Giat PKH
Bersama Petugas Kecamatan

Monday 7 September 2015

"PUTRI KEMBAR", Kripik Pisang Cita Rasa Bondowoso




Bondowoso, Satu lagi produk binaan UPPKH Kab. Bondowoso khususnya dari Kec. Botolinggo yaitu Kripik Pisang. Kripik Pisang yang diolah oleh kelompok usaha kecil yang berlabel "Putri Kembar" ini di motori oleh ketua kelompok di desa Lanas yakni Ibu Martini. Ini merupakan salah satu terobosan dalam bidang pengembangan sumberdaya manusia dimana para ibu-ibu Ksm yang awalnya merasa takut untuk memulai usaha dan dipasarkan keluar desa setempat, namun berkat contoh yang sudah diberikan, serta bimbingan dari pendamping, geliat untuk menembus pasar lokal mulai terasa.

Salah satu manfaat yang diperoleh dari kegiatan pengembangan usaha ini, diantaranya menghasilkan pendapatan lebih bagi kelompok yang memiliki usaha bersama, serta meningkatkan nilai jual potensi lokal yang awalnya bernilai ekonomis rendah bagi masyarakat sekitar, namun setelah dilakukan pengolahan yang baik, nilai jual menjadi lebih tinggi. Serta pendapatan yang awalnya menjadi pemasukan bagi para pengusaha luar, namun sekarang bisa menjadi pemasukan masyarakat setempat.

Disisi lain dari kegiatan usaha ini, masih minimnya peralatan yang digunakan, sehingga jumlah produk yang dihasilkan masih sangat terbatas. Namun pesan yang terus disampaikan oleh pendamping untuk tetap selalu menjaga Kualitas produk sehingga brand "Cita Rasa Otentik Khas Bondowoso" bisa selalu melekat di hati penikmat produk ini.

Kedepan, pengembangan usaha dengan konsep one way one service berharap mendapat perhatian khususnya dari pemerintah setempat agar dapat meningkatkan nilai jual, potensi, serta income bagi Kabupaten Bondowoso. Sehingga cita rasa yang saat ini masih terbagi dalam dua varian rasa (manis dan gurih) dapat berkembang lebih banyak varian serta jenis produk juga dan kualiatas menjadi lebih baik dan terjaga. (sar)

0 comments :

Post a Comment