Selamat Datang Di Website PKH Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso Jawa Timur

Giat PKH

Giat PKH
Bersama Petugas Kecamatan

Friday 2 June 2017

Kecamatan Pujer Di Landa Bansos Non Tunai

Fujiyono, S.Pd (Pendamping PKH) mendampingi peserta PKH mengambil bantuan.

Bondowoso, (02/05/2017). Hingar bingar penyaluran bantuan sosial (Bansos) non tunai telah sampai di kecamatan Pujer kabupaten Bondowoso. Kecamatan Pujer merupakan kecamatan kedua setelah penyaluran perdana  Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di kecamatan Maesan  tahun 2017. Seperti liputan Botolinggo crew di kecamatan sebelumnya, kebahagiaan terpancar dari semua wajah penerima manfaat PKH yang hadir untuk mengambil bantuan yang telah sekilan lama tertunda karena proses intergrasi penyaluran dari tunai menjadi non Tunai.

Persiapan matang untuk penyaluran bansos di kecamatan Pujer terlihat sedemikian rupa, Hal ini jelas terlihat dari lancar dan tertibnya penerima bantuan yang baru pertama kali melaksanakan penyaluran berbasis non tunai. Wajah kebingungan saat memasuki area penyaluran bansos segera sirna karena kesigapan pendamping dalam merespon tanda - tanda serta raut wajah ibu-ibu penerima bantuan yang berbeda dari sebelumnya.



Pelaksanaan penyaluran bansos Non Tunai di kecamatan Pujer berlangsung sedari tanggal 1 - 2 Juni 2017 yang bertempat di balai desa Kejayan dan balai desa Maskuning Kulon. Berdasarkan nara sumber yakni pendamping PKH kecamatan Pujer yang sempat Botolinggo crew  mintai keterangan, "PKH kecamatan Pujer menyalurkan bantuan kepada sekitar 2700 KPM dengan ketentuan serta tahapan - tahapan penyaluran bantuan non tunai yang telah ditentukan," ujar Saudari Hilya Diana, S.Pd. Tak lupa juga, saudari  Hilya menyampaikan bahwa ada beberapa ketentuan dan tahapan secara umum yang harus di penuhi oleh penerima bantuan dalam penyaluran kali ini diantaranya : peserta diwajibkan datang sendiri/tidak diwakilkan, perserta membawa KTP, KK, serta kartu PKH asli sebagai syarat verifikasi pengambilan buku tabungan maupun ATM, peserta wajib tertib dan mengikuti alur tahapan-tahapan yang sudah ditentukan. Sedangkan gambaran umum tahapan - tahapan penyaluran bantuan adalah : 1, Peserta datang langsung menuju meja absensi kehadiran, 2. Peserta menempati ruang tunggu 1 di depan meja verifikator, 3. Peserta yang dipanggil maju menuju meja verifikator dengan membawa syarat administrasi asli, 4. Setelah dari meja verifikator dinyatakan "data sesuai", peserta mendapatkan buku tabungan, ATM Himbara, dan kartu PIN ATM, 5. Peserta selanjutnya menuju ruang tunggu Teller hingga mendapat panggilan sesuai antrian, 6. Peserta menghadap ke Teller dan melakukan penarikan bantuan melalui mesin EDC (Electronik Data Capture), 7. Peserta wajib menghitung jumlah bantuan di depan teller, dan jika sesuai baru diperkenankan meninggakan meja teller, 8. Peserta mengisi daftar jumlah nominal bantuan yang diambil, setelah itu peserta diperkenankan meninggalkan lokasi.

Peserta berada di meja teller untuk mengambil bantuan.

Hingga berita ini diturunkan, penyaluran bantuan di kecamatan Pujer berlangsung dengan aman dan tertib. Tidak nampak adanya antrian serta desak-desakan antara penerima bantuan yang selama ini menjadi ciri khas dari penyaluran Bansos. (sar)




0 comments :

Post a Comment