Selamat Datang Di Website PKH Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso Jawa Timur

Giat PKH

Giat PKH
Bersama Petugas Kecamatan

Monday 29 August 2016

Anggaran Dipangkas, Kemensos Rangkul Relawan


Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 04 Tahun 2016 tentang Efisiensi Anggaran di sejumlah kementrian berdampak juga di Kementrian Sosial. Di APBN 2016 ini, anggaran di Kemensos terpangkas sekitar Rp 3,1 Trilyun. Dengan semakin berkurangnya anggaran ini, Kemensos kembali memetakan sejumlah anggaran di sattuan kerja (satker) yang ada.
Menjalin kemitraan dengan berbagai relawan juga menjadi pilihan ditengah keterbatasan anggaran ini. Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indarparawansa, saat menutup milad ke lima Sedekah Rombongan di Hotel D’Season, Bandengan Jepara, Minggu (28/8/2016).
Menurut Khofifah, awalnya anggaran APBN 2016 di Kemensos yang masih dibintang ada Rp. 600 Milyar. Anggaran ini harapannya bisa cair di APBN-P, akan tetapi di APBN-P justru ada pengurangan kembali Rp 1,6 trilyun sehingga menjadi Rp 2,2 trilyun. Ada lagi pengurangan sebesar Rp. 954 milyar untuk self blocking sehingga diperlukan kordinasi antar satker.

“Sehingga total anggaran kita di APBN 2016 ini terpangkas sekitar Rp 3,1 trilyun,” kata Khofifah.
Khofifah menambahkan, pihaknya berterimakasih terhadap relawan-relawan sosial seperti Sedekah Rombongan ini yang membantu antar sesama. “Kita terus berupaya melakukan sinergi dengan kemitraan-kemitraan yang turut membantu tugas-tugas sosial karena keterbatasan anggaran di Kemensos,” katanya.
Selain mengefektifkan kemitraan dengan relawan, kata Khofifah, Kemensos akan memaksimalkan sistem penjangkauan daripada panti atau layanan regular yang anggrannya tiga kali jauh lebih mahal.
“Hal ini supaya targetnya tetap terpenuhi. Jika misalnya di panti rehabilitasi dibutuhkan anggaran Rp 150 juta, maka akan dikurangi menjadi Rp 75 juta,” imbuhnya.
Meskipun mengalami efisiensi, lanjut Khofifah, untuk anggaran PKH dan Bansos tidak akan dikurangi sesuai dengan Inpres tersebut. Saat ini sudah selesai proses rekruitmen baru untuk sekitar 9 ribu pendamping PKH. “Jika mereka mulai masuk September nanti, maka tentu akan berpengaruh pada efisiensi itu,” tandasnya.
Sumber : swarajepara.net

1 comments :